Manfaat instal ulang laptop

Manfaat instal Laptop

 

Untuk mendukung kinerja agar berjalan dengan lancar, laptop memerlukan yang namanya pembaharuan software yang disebut install. Baik laptop baru maupun lama perlu dilakukan install agar terjadi pergantian atau pembaharuan software yang digunakan di perangkat dengan berbagai tujuan.

Dalam proses penginstalan, rata-rata waktu yang dibutuhkan sekitar 20–45 menit. Sementara itu, diperlukan beberapa menit bahkan jam untuk update driver dan install software-software penting.Lalu mengapa laptop perlu diinstal? Laptop merupakan perangkat yang berbasis sistem operasi yang menbutuhkan refresh atau pembahahuran. Sebab sistem operasi inilah yang akan membuat laptop itu bisa dioperasikan.Tidak hanya menginstal laptop saat masih baru, kadang pengguna juga membutuhkan proses installing pada laptop yang sudah lama digunakan. Nah, apa manfaat yang bisa didapatkan?. Berikut 4 manfaat menginstal ulang laptop.

1. Memperbarui sistem operasi

Laptop yang sudah lama tidak diinstal biasanya akan membuat sistem operasi menjadi rusak akibat serangan virus, akibat crash, atau akibat hilangnya file-file sistem operasi tersebut.Jika hal tersebut terjadi, laptop dapat menjadi lambat beroperasi bahkan bisa error jika sistem operasi yang sudah bermasalah. Maka, dengan diinstal ulang, sistem operasi dapat terperbaharui sehingga file-file sistemnya bisa kembali dan laptop bisa dioperasikan dengan baik lagi.

2. Menghilangkan virus pada laptop

virus komputer dapat menjadi masalah tersendiri bagi laptop. Penyerangan virus dapat membuat perangkat laptop menjadi lambat, rusak, error bahkan tak dapat dinyalakan.Oleh karena itu, menginstal laptop dapat dilakukan agar virus yang ada di Drive C (drive sistem), drive D dan E menjadi bersih.

3. Mempercepat kinerja laptop

sistem operasi yang bermasalah dapat membuat kinerja laptop menjadi lambat. Penyebabnya adalah perangkat lunak yang tentunya membutuhkan install atau pembaharuan. Dengan begitu, perangkat dapat bekerja cepat tanpa hambatan software yang lambat.

4. Untuk memasang sistem operasi yang sesuai

Setiap laptop itu berbeda-beda dalam hal kecocokan dengan sistem operasi windows. Dengan instal ulang pada laptop dapat memberikan sistem operasi yang sesuai pada laptop itu sendiri agar dapat dioperasikan dengan baik.

Itulah 4 manfaat menginstal ulang laptop. Banyak faktor yang dapat menjadi alasan laptop di instal. Namun perlu diperhatikan bagi pengguna bahwa instal laptop terlalu sering tidak dianjurkan. Sebab hard disk laptop bisa bermasalah yang akan membuat hard disk tersebut menjadi rusak. Installah laptop jika dibutuhkan saja.

sumber=https://www.harianhaluan.com/bisnis/pr-105903160/4-manfaat-instal-laptop-dapat-mencegah-virus-hingga-kerusakan-sistem-operasi?page=2

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top